14 Mahasiswa PMM Memilih Ilmu Kelautan ULM

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester yang mengajak mahasiswa untuk menimba pengalaman belajar di salah satu perguruan tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia (berbeda pulau) dari Perguruan Tinggi asal (26/8/2022).

“ULM sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penerima dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (PMM-MBKM) telah melaksanakan tugasnya dalam pelayanan baik dalam fasilitasi perkuliahan maupun dalam kegiatan Modul Nusantara. Perkuliahan yang dilaksanakan selama 1 semester ini berlangsung di berbagai fakultas baik yang berada di kampus Banjarmasin maupun Banjarbaru. Adapun Modul Nusantara dengan nilai SKS sebanyak 4 SKS dilaksanakan untuk memperkenalkan budaya dan sosial di Kalimantan Selatan, melatih keterampilan dan menggali inspirasi dari tokoh masyarakat atau pemimpin berprestasi. Kesemua kegiatan ini diharapkan membekali mahasiswa PMM sebagai calon pemimpin masa depan yang berwawasan kebhinekaan, profesional dan tangguh menyambut Indonesia Emas tahun 2045. Dengan slogan “Bertukar Sementara Bermakna Selamanya” diharapkan setiap mahasiswa PMM akan membawa kesan yang baik untuk dibawa pulang ke daerahnya masing-masing. Yakni masyarakat Kalsel sebagai masyarakat yang ramah dan terbuka akan perbedaan sekaligus pandangan terhadap ULM sebagai perguruan tinggi yang memiliki kelas tersendiri dengan unggulan di bidang lingkungan lahan basah,” Ujar Dr. Muhammad Syahdan, S.Pi, M.Si. selaku Pendamping Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPM).

Saat ini, sebanyak 14 mahasiswa PMM memilih untuk melaksanakan kuliah di Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat diantaranya (26/8/2022) :

  1. Universitas Gajah Mada sebanyak 5 mahasiswa,
  2. Universitas Haluoleo sebanyak 1 mahasiswa,
  3. Universitas Ahmad Dahlan sebanyak 2 mahasiswa,
  4. Universitas Padjajaran sebanyak 1 mahasiswa
  5. Universiatas Lampung sebanyak 1 mahasiswa,
  6. Universitas Komputer Indonesia sebanyak 1 mahasiswa,
  7. Universitas Negeri Jakarta sebanyak 1 mahasiswa,
  8. Universitas Udayana sebanyak 1 mahasiswa
  9. Universitas Jenderal Soedirman sebanyak 1 mahasiswa.

Program mata kuliah yang dipilih adalah mata kuliah Remote Sensing dan mata kuliah Pencemaran estuari dan Laut.

Melalui program ini, mahasiswa mendapat kesempatan mengambil pilihan mata kuliah di luar prodi mereka sesuai dengan pilihan mahasiswa, sehingga dapat memperluas dan memperdalam pengetahuan akademik mahasiswa, dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial serta dapat merasakan secara langsung keragaman budaya nusantara di lokasi mereka berada.

“Pada kesempatan ini saya Koordinator Program Studi Ilmu Kelautan mengucapkan Selamat Datang kepada para Mahasiswa-Mahasiswi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 (PMM 2022) di prodi Ilmu Kelautan FPK ULM. Waja Sampai Kaputing! Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya!,” Ujar Ira Puspita Dewi, S.Kel., M.Si.