Profil

Latar Belakang

Sektor kelautan memainkan peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik di masa kini maupun masa akan datang. Sebagaimana yang telah diramalkan oleh para ahli sebelumnya, pada milenium ketiga ini sektor kelautan termasuk dari salah satu dari lima bidang utama selain energi, bioteknologi, komputer dan ruang angkasa yang akan turut mempengaruhi peradaban manusia.

 

Tujuan

Program Studi Ilmu Kelautan bertujuan mendidik anggota masyarakat untuk menjadi calon sarjana (S1) Ilmu Kelautan yang memiliki kemampuan dalam memahami fenomena, karakter, dan proses-proses alamiah yang terjadi di laut serta untuk melakukan riset dan pengkajian iptek kelautan agar dapat diaplikasikan pada berbagai kepentingan terkait. Kepentingan dimaksud diantaranya adalah perikanan, pelayaran, eksplorasi sumber-sumber energi (minyak, gas dan angin) dan mineral, kesehatan, farmasi, pariwisata, konservasi lingkungan dan lain-lain.

 

Kurikulum

Program studi Ilmu kelautan mempunyai kompetensi pada bidang ilmu oseanografi yang berbasiskan disiplin ilmu fisika laut, kimia laut, biologi laut, geologi laut dan klimatologi laut. Kompetensi yang berkaitan dengan konservasi laut berbasiskan disiplin ilmu ekologi laut, konservasi sumber daya hayati laut, keanekaragaman hayati laut dan sedimentasi. Selanjutnya kompetensi yang berkaitan dengan teknologi kelautan berbasiskan disiplin ilmu penginderaan jauh kelautan, akustik kelautan, instrumentasi kelautan dan pemetaan sumber daya hayati laut.

Bagikan!